Notification

×

Iklan

Iklan

Tirta Ramahwan Fungsikan Kantor Desa Sebagai Pusat Pelayanan

Kamis, 26 Oktober 2023 | 20:16 WIB Last Updated 2023-10-26T13:16:12Z

 


PEDAMARAN | BeritaOKI | Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga desa Pedamaran 1 Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Kades Tirta Ramahwan SH, yang baru saja dilantik Bupati OKI H. iskandar SE, mulai membersihkan kantor dan akan di fungsikan sebagai pusat pelayanan.


Menurut Tirta sebagai Kepala Desa yang baru, sudah selayaknya memberikan pelayanan yang prima kepada warga desa, karena 

kepercayaan warga desa kepada dirinya sudah sepatutnya dijadikan sebagai motivasi lebih untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai kepala desa. 


"Pada hari pertama yang saya lakukan mengujungi warga dan memberikan bantuan beras untuk warga yang kurang beruntung kemudian membersihkan kantor." Ujar Tirta





Dikatakan Tirta, menjadi pemimpin itu tidaklah muda setidaknya dapat mengatasi beberapa tantangan, pertama, perubahan cara pandang tentang desa. Sebelum diundangkannya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, asas utama urusan desa adalah desentralisasi-redisualitas.


Namun, pasca lahirnya Undang-undang Desa, terjadi perubahan asas dalam urusan desa yakni rekognisi-subsidiaritas. Kedudukan desa pun berubah dari desa sebagai organisasi pemerintahan yang berada dalam sistem pemerintahan kabupaten/kota (local state goverment) menuju perubahan sebagai pemerintahan masyarakat, hybrid antara self governing community dan local self goverment.





Harapan yang begitu tinggi dari masyarakat desa terhadap kepemimpinan kepala desa dalam urusan pembangunan desa.

Logikanya sederhana, ketika kewewenangan membangun desa telah diberikan oleh pusat dan didukung oleh transfer dana desa, harapan akan pembangunan desa yang berpihak pada rakyat tidak dapat ditawar lagi. Hal ini tentunya menjadi tantangan sekaligus beban tersendiri.


Lebih lanjut Tirta memaparkan, pasca pemilihan kepala desa yang baru, tentunya akan banyak penyesuaian yang terjadi dari berbagai bidang misalnya bidang pemerintahan, keuangan desa dan penyesuaian program kerja. Dana desa masuk dalam keuangan desa.


"Saat ini saya masih memastikan calon perangkat desa yang kompeten di bidangnya, karena ini adalah tantangan buat saya dan akan menjadi pekerjaan rumah" katanya. (panji)

×
Berita Terbaru Update