Notification

×

Iklan

Iklan

Kelestarian Lingkungan Sangat Penting Bagi Keberlangsungan Hidup

Selasa, 08 Februari 2022 | 21:55 WIB Last Updated 2022-02-08T14:56:43Z


BENGKULU | BERITAOKI.COM |
Untuk menjaga lingkungan wajib kita tanamkan sejak dini. Penebangan hutan secara liar/pembalakan hutan, polusi air dari limbah industri dan pertambangan, polusi udara di daerah perkotaan, dan masalah mengenai rusaknya lingkungan. Hal ini bukan merupakan masalah yang baru lagi. Bagaimana tidak, masalah ini tidak luput dari peran pemerintah dan masyarakat yang harus berdampingan menjaga lingkungan kita ini.

Menurut Taufik Siregar Kepala Balai BPDASHL Ketahun Bengkulu, lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup yang ada di muka bumi, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan, karena itu kelestarian lingkungan sangat penting bagi keberlangsungan hidup.


“Apabila lingkungan tidak ada, maka manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup. Namun, sekarang lingkungan mengalami kerusakan. Itu semua akibat ulah dari manusia yang tidak bertanggung jawab” ujar Taufik saat dihubungi media ini (8/2/2022).


Dikatakannya, seperti menebang pohon secara liar yang tidak diselingi dengan penanaman pohon kembali sehingga hutan menjadi gundul dan tanah tidak dapat menyerap air, bahkan pohon tidak dapat menghirup karbondioksida diudara, sedangkan lahan basah yang berfungsi sebagai sumber pemurni air memiliki banyak peran penting untuk mengurangi perubahan iklim.


“Ulah manusia tersebut dapat berakibat fatal, mereka berani mengatasnamakan bisnis dan mengesampingkan lingkungan tanpa memikirkan anak cucu mereka kelak. Mungkin berbuat itu sangat mudah tapi kalau mengembalikannya seperti semula sangat sulit.” tuturnya


Oleh sebab itu, agar bencana alam tidak terulang terus-menerus, kita sebagai manusia yang hidup dimuka bumi dengan kekayaan alam yang melimpah, seharusnya kita berterima kasih kepada Tuhan dengan cara menjaga dan melestarikan lingkungan. Mulai dari sekarang marilah kita membenahi lingkungan kita.


Ia menambahkan, menjaga dan melestarikan alam merupakan tugas kita bersama, namun, beberapa tahun belakang ini, tingkat kritis lahan semakin  bertambah. Hal ini tentunya memperihatinkan, sehingga tidak mengherankan sering terjadi bencana alam, baik berupa tanah lonsor dan banjir.


“Bertambahnya lahan kritis tentunya tidak terlepas dari ulah segelintir manusia perambak hutan dan pembukaan hutan, sehingga membabat dan merusak lingkungan. Lahan hutan lindung dialih fungsikan menjadi perkebunan dan pertanian, bahkan menjadi perumahan.” Katanya menambahkan


Kondisi lahan kritis tidak cukup hanya merasa perihatin tetapi harus ada aksi nyata dalam mengatasi lahan kritis. Yaitu harus melakukan reboisasi dengan berbagai tanaman keras dan tanaman produksi.


Untuk itu, kita harus saling mendorong menjaga lingkungan agar tetap asri melalui gerakan menanam pohon/merehabilitasi lahan dan hutan kritis.


Selain menanam pohon, kita berharap kiranya pemerintah agar tidak mudah mengeluarkan ijin untuk alih fungsi lahan. Memang tidak mudah membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam membangun ekosistem atau lingkungan yang ramah terhadap kehidupan dan jauh dari bencana. Namun, mari kita bersama-sama berkontribiusi ikut berperan aktif menghijaukan dan menanam pohon-pohon keras kehutanan guna mengembalikan fungsi hutan. Harapnya. (dd/red)

×
Berita Terbaru Update